3.1 BISNIS PROSES PT BMS (Beringin Makmur Sedaya)
Bisnis Proses Perusahaan PT BMS (Beringin Makmur Sedaya) yang bergerak dalam bidang pembuatan material elektronik seperti CPU, komputer, printer, dan lain lain. Bisnis proses PT BMS terdiri dari 5 Drill down yang sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya yaitu Tugas 05B. Lima fungsi yang didrilldown yaitu sales, HRD, CRM, Accounting, dan purchasing. Adapun panduan menjalankan odoo server yang ditambahkan pada bisnis proses PT BMS ini tidak dibuat dengan drilldown dan melibatkan fungsi Marketing, sales, CRM, dan acconting. Bisnis proses dan panduanya dapat dilihat pada Gambar Dibawah ini.
1. Sub menu product terdapat berbagai macam produk,
Marketing melakukan serangkaian strategi promosi agar dapat menarik konsumen dan menjadi pelanggan tetap, berbagai macam produk ditawarkan.
2. Sub menu Sales Order pada menu sales,
Departemen Sales akan melihat pesanan yang datang dari konsumen sekaligus jenis barang, jumlah yang dipesan akan dicantumkan. Selanjutnya akan terlihat otomatis harga barang dan total pembayaran yang harus dipenuhi konsumen.
3. Submenu Customer invoice pada menu Accounting
Berdasarkan informasi dar Departemen sales, selanjutnya accounting segera membuatkan invoice /tagihan untuk konsumen ditambah pajak (jika ada).
4. Submenu Invoice Payment pada menu Accounting
Accounting menerima sejumlah pembayaran dari konsumen, selanjutnya otomatiis status pada menu ini berubah belum dibayar menjadi sudah dibayar.
5 Submenu Jurnal items pada menu Accounting
Setelah transaksi selesai maka Accounting membuat laporan jurnal umum penjualan yang berisi sejumlah uang yang masuk akan menambah kas perusahaan (kerdit).
6 Submenu Leads pada menu Sales
CRM akan merekam dan mencatat transaksi pelanggan, beserta informasi -informasi data diri pelanggan. Hal demikian dapat membantu perusahaan untuk mengelola hubunganya dengan pelanggan.
3.2 BISNIS PROSES FUNGSI CRM
CRM adalah Konsep CRM merupakan spesifikasi dari konsep Relationship Marketing (RM). Konsep
relationship marketing (pemasaran hubungan) menekankan bahwa perusahaan harus berinteraksi dan menjalin hubungan dengan berbagai pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan (stakeholders), karena
hubungan yang baik merupakan asset yang paling mendasar bagi suatu perusahaan. CRM pada PT BMS dimana perusahaanya bergerak dalam pembuatan material elektronik yaitu menjalin hubungan dengan pelangganya yaitu PT KITA supaya mereka merasa puas.
Tiga Drilldown (sales, marketing, dan customer service) sudah di posting pada tugas T05A sebelumnya, Adapun 3 yang di drlldown yang ditambahkan merupakan skenario panduan menjalankan odoo server, tiga fungsi yang akan didrill down yaitu data customeer, Customer service, dan Departemen Marketing.
Berikut merupakan bisnis proses CRM PT BMS dengan 6 Drildown.
Drill Down 4 yaitu Data Customer, menjaga pelanggan merupakan fungsi utama CRM agar pelanggan tidak lari, dengan demikian data personal pelanggan dikumpulkan baik itu telepon untuk menghubungi, email, dan hasil pembicaraan dengan sales dan marketing. Data tersebut di isi pada menu sales, submenu leads.
Drill Down ke 5 yaitu Customer service, customer service baik call center maupun customer care yang langsung berhubungan dengan pelanggan akan membawa informasi yang sangat penting. Untuk itu pihak CRM akan mencatat dan mengumpulkan hasil pembicaraan pelanggan dengan call center maupun customer care. Hal demikian dapat di tulis pada menu sales, submenu phone calls.
Drill Down ke 6 yaitu marketing, peluang konsumen yang potensial akan menghasilkan peluang menjadi pelanggan / konsumen tetap, diharapkan PT BMS dapat tertanam didalam benak para konsumen. Dengan demikian hasil dari departemen marketing ini akan digunakan untuk CRM dalam fungsinya menjaga pelanggan. Hal demikian dapat ditulis pada menu sales, submenu opportunities.
Demikian mengenai bisnis PT BMS dan Fungsi CRM pada PT BMS
Salam sukses !!
Isna Khusnayaeni
4414217036
Tidak ada komentar:
Posting Komentar